Apa itu Page views, Page RPM, Impressions, Clicks, CPC, dan Page CTR pada Google AdSense

Statistik memegang peranan yang penting dalam penelitian, baik itu dalam penyusunan model, perumusan hipotesa, penentuan sampel maupun analisa data. Dalam jaringan periklanan statistik menjadi fitur yang wajib disediakan oleh perusanan periklanan. AdSense adalah salah satu atau jaringan periklanan yang memberikan statistik yang lengkap untuk para publishernya.

Pada dashboard AdSense kita dapat melihat data statistik CPC, Page RPM, Page CTR, dan Impressions dan lainnya dengan sangat terperinci. Statistik tersebut mempermudah kita dalam mining data atau penggalian data yang nantinya dapat kita gunakan untuk mengoptimalkan pendapatkan.

Image credits adsense.google.com

 

Apa itu Page views, Page RPM, Impressions, Clicks, CPC, dan Page CTR?

Bagi orang-orang yang baru terjun ke dunia periklanan atau baru menggunakan AdSense mungkin akan kebingungan dengan istilah-istilah tersebut. Berikut ini penjelasan secara singkat dari Page views, Page RPM, Impressions, Clicks, CPC, dan Page CTR.

 

Page views: Tampilan laman dihasilkan setiap kali pengguna melihat laman yang menampilkan iklan Google.
Page RPM: Page RPM adalah penghasilan rata-rata per seribu tampilan laman.
Impressions: Tayangan dihitung untuk setiap permintaan iklan yang menghasilkan setidaknya satu iklan ke situs web.
Clicks: Jumlah berapa kali pengguna mengeklik sebuah iklan.
CPC: Cost per click (CPC) atau Biaya per klik (BPK) adalah jumlah yang dibayar pengiklan setiap kali pengguna mengeklik iklan mereka.
Page CTR: Click-through rate (CTR) atau Rasio klik-tayang (RKT) laman adalah jumlah klik iklan dibagi jumlah tampilan laman.

 

Jika masih kurang jelas, berikut ini penjelasan lengkapnya yang dikutip dari pabelog.com

Page views
Page views di sini tidak sama dengan page views yang didapatkan dari Google Analytics. Karena maksud dari Page views pada AdSense di sini adalah banyaknya iklan yang muncul di halaman blog kita yang dilihat oleh setiap UV (Unique Visitors).

Artinya bisa saja pengunjung blog kita hanya satu orang, asumsi alamat IP dia yang tidak berubah. Tetapi jika pengunjung tersebut terus membaca setiap tulisan kita di setiap halaman yang berbeda maka page views akan terus bertambah juga. Me-refresh juga akan dihitung sebagai satu page views.

CTR (Click Through Rate)
Ketika membaca istilah CTR, pikiran saya selalu bercampur dengan game CTR (Crash Team Racing). Pada konsteks AdSense CTR adalah rasio jumlah klik iklan dengan page views. Ingat, bukan page views keseluruhan blog, tetapi page views yang kita bahas sebelumnya.

Formula untuk mendapatkan CTR adalah sebagai berikut:

CTR = (Clicks/Impressions) x 100

Semakin tinggi CTR maka semakin baik. Artinya blog yang kamu kelola memiliki efektifitas menampilkan iklan yang baik. Selama klik yang didapatkan adalah hasil yang natural, CTR yang tinggi tidak akan masalah.

CPC (Cost per Click)
CPC adalah singkatan dari Cost per Click atau dalam bahasa Indonesia berarti Harga per Klik. CPC yang ditampilkan di laporang AdSense adalah rata-rata dari CPC keseluruhan.

Dengan mengetahui CPC blog kita, kita bisa memasang harga untuk penawaran jika kita ingin memasang iklan langsung. Ingat bahwa revenue share AdSense dengan publisher adalah 68% untuk publisher dan 38% untuk AdSense. Nilai CPC bisa semakin tinggi jika banyak Advertiser yang ingin beriklan di blog kita.

Page RPM (Revenue per Thousand Impressions)
RPM hampir sama dengan eCPM, hanya saja eCPM menghitung pege views dari blog, sedangkan RPM menghitung page views dari iklan yang ditampilkan. Dengan RPM, kita bisa mengetahui pendapatan blog kita dari per seribu iklan yang muncul.

Formula untuk mendapatkan RPM adalah sebagai berikut:

RPM = (Estimated earnings/Number of pageviews) x 1000

Misalkan kamu melihat bahwa RPM untuk hari ini adalah 2.0 USD, artinya, setiap 1000 kali iklan yang muncul, kamu kira-kira akan mendapatkan 2.0 USD. Dengan begitu kamu bisa melihat gambaran bagaimana jika seandainya kamu memiliki impresi yang lebih besar. RPM bukanlah pendapatan yang kita terima, tetapi estimasi pendapatan jika iklan itu muncul 1000 kali.

Source: support.google.com, arsip.pabelog.com

Leave a Reply