Posted by on

Subdomain adalah bagian dari sebuah nama domain induk. Subdomain umumnya mengacu ke suatu alamat fisik di sebuah situs contohnya: drive.google.com, drive merupakan subdomain dari domain induk google.com.

cPanel adalah web hosting control panel yang paling populer di dunia. Fasilitas ini memudahkan pemilik account hosting untuk mengatur seluruh fasilitas web hosting yang dimilikinya. Salah satu fasilitas yang disediakan oleh cPanel adalah pembuatan Subdomain, berikut panduan cara membuat subdomain di cPanel hosting.

Cara Membuat Subdomain di cPanel Hosting

1. Pertama-tama login ke cPanel, http://example.com/cpanel. Ganti example.com dengan domain kalian.

2. Setelah login berhasil, akan tampil halaman utama cPanel, kemudian pada bagian Domains klik Subdomains.

3. Masukkan alamat subdomain yang kalian inginkan contohya: exmaple, document root atau path direktori adalah tempat penyimpanan file subdomain, kolom path direktori akan terisi otomatis namun kalian juga dapat melakukan penyesuaian tempat penyimpanan file websitenya. Kemudian klik tombol “Create”.

4. Notifikasi ini akan kalian terima apabila subdomain telah berhasil dibuat. Untuk kembali ke halaman sebelumnya klik tombol “Go Back”.

Bagaimana Cara Menghapus Subdomain?

Jika kalian ingin menghapus subdomain yang telah dibuat, pada bagian “Modify a Subdomain” pada kolom Action klik “Remove”. Kemudian klik tombol “Delete Subdomain”.

Cara Menambahkan Expires Headers (Browser Caching) di WordPress

Setalah Google mengumumkan tentang dampak kecepatan situs pada peringkat pencarian, tidak sedikit web developer yang sebelumnya tidak menaruh perhatian pada… Selengkapnya

Tutorial WordPress Sam@skinnycat.net

Cara Membeli Domain di Namecheap (2018) dengan PayPal

Namecheap adalah salah satu penyedia domain terbaik di dunia. Namecheap memberikan user experience yang sangat baik, begitulah yang saya rasakan… Selengkapnya

Tutorial Sam@skinnycat.net

Leave a Reply